Logistic Perfomance Index Indonesia
Logistic Perfomance Index Indonesia
The logistics performance (LPI) is the weighted average of the country scores on the six key dimensions:
1) Efficiency of the clearance process (i.e., speed, simplicity and predictability of formalities) by border control agencies, including customs;
2) Quality of trade and transport related infrastructure (e.g., ports, railroads, roads, information technology);
3) Ease of arranging competitively priced shipments;
4) Competence and quality of logistics services (e.g., transport operators, customs brokers);
5) Ability to track and trace consignments;
6) Timeliness of shipments in reaching destination within the scheduled or expected delivery time.
Analisis dimensi Logistic performance index :
1. Bea cukai
2. Infrastruktur
3. Pengiriman barang internasional
4. Kualitas dan kompetensi logistik
5. Pencarian barang
6. Ketepatan waktu
Pendapat dan saran atas trend score Pendapat : Indonesia sudah menuju perkembangan logistik dimana seluruh nilai aspek sudah mulai ditingkatkan dari tahun 2012-sekarang, contohnya dalam perkembangan infrastruktur terus dikejar demi menciptakan Logistik yang memberikan pelayanan terbaik Saran : Dapat menggunakan Teknologi untuk mempermudahkan sistem Customs agar transparasi dan cepat dalam proses pengecekan perizinan seperti menggunakan Block Chain agar mampu menekan biaya yang tidak penting ”waste”
Pengaruh Inftastruktur dan kompetisi operator terhadap biaya Logistik di Indonesia : Dengan infrastruktur yang mendukung dan sistem yang terintegrasi dapat memberikan dampak positif terhadap biaya logistik di Indonesia Contohnya : jika seluruh proses menggunakan online maka akan ada biaya yang berkurang seperti :
1. Biaya parkir operasional
2. Biaya operasional pengurusan dokumen
3. Dll
Dengan begitu biaya tersebut dapat hilang dan biaya logistik dapat menurun.
5. Saran perbaikan
1. Bea cukai Mampu menciptakan birokrasi secara online guna mendukung sistem perpindahan dokumen dengan lebih mudah
2. Infrastruktur Terus dibangun infrastruktur untuk mempermudah arus gate in dan gate out serta perpindahan barang dari kapal ke cycy agar tidak adanya lagi antrian panjang
3. Pengiriman barang internasional Kemudahan konsumen dalam mengirim barang dan biaya ongkir yang murah menjadi kepuasaan pelanggan.
4. Kualitas dan kompetensi logistik Memiliki tenaga ahli logistik yang kompeten dalam melakukan kegiatan logistik agar seluruh proses dapat berjalan dengan baik.
5. Pencarian barang Menggunakan sistem track and trace untuk mempermudah pencarian dan lokasi terkait barang
6. Ketepatan waktu Menjaga kedisiplinan dan berbagai aspek untu
Komentar
Posting Komentar